Jumat, 12 April 2013

PENYEBAB WANITA SULIT HAMIL

Ada tiga penyebab utama wanita sulit hamil : tubal, hormonal, dan struktural. Plus, beberapa disease yang harus diketahui mulai sekarang.

TUBAL
Tubal adalah kondisi dimana satu dari kedua fallopian tube tersumbat. hal ini biasanya disebabkan oleh endometriosis, penyakit bercak bercak jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim. Pilihan treatment : vitro fertilisation (IVF) dan artificial insemination (AI)

HORMONAL
Hormonal, siklus menstruasi tidak teratur dan tak ada sel telur yang dilepaskan, biasanya terjadi pada wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (dampak dari memiliki BMI di atas 25 atau wanita dengan level stres yang sangat tinggi). Biasanya diatasi dengan terapi hormon.

STRUKTURAL
Biasanya ada problem dengan organ reproduksi, seperti kista di rahim atau tumor di saluran uterus. Treatment-nya disesuaikan dengan masalah masing masing.

Tidak hanya itu, kwalitas sperma juga mempengaruhi wanita yang sulit mendapatkan kehamilan.

TIPS MEMPERBAIKI KWALITAS SPERMA

TIDAK MEROKOK
Apabila kehamilan merupakan keinginan utama, lebih baik selalu mengingatkan pasangan agar tisak merokok, karena pria perokok cenderung memiliki kwalitas sperma yang buruk,dalam hal volume, kepadatan, dan kemampuan sel untuk bergerak aktif

MEMBATASI MINUM KOPI
Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memberikan efek yang sama dengan perokok, karena kafein bisa juga meningkatkan resiko produksi sperma yang abnormal.

MENGURANGI ALKOHOL
Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan akan memperburuk kualitas dan jumlah sperma. Alkohol juga bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, seperti zinc, mineral terpenting untuk kesuburan pria.

GETTING KNOCKED UP

DO'S :

ASAM FOLAT
Berfungsi untuk regenerasi sel-sel tubuh. banyak ditemukan di sayuran hijau, seperti bayam, asparagus, dan buah buahan seperti kiwi dan alpukat. Sumber lainnya termasuk biji bunga matahari, putih telur, dan kacang kacangan.

OMEGA 3
Fatty acid ini sangat manjur untuk kesehatan otak, bisa di dapat dari ikan laut, seperti tuna, salmon, dan kacang kacangan seperti kedelai, flaxseed dan walnut. Atau dapat membeli telur berkandungan omega 3 di supermarket terdekat.

SAFE SEX
Penyakit seksual seperti chlamdia atau gonorea akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan fallopian tube atau saluran rahim, sehingga bisa menghalangi terjadinya pembuahan.

CHECK-UP SETAHUN SEKALI
Untuk melakukan pap smear, sehingga apabila ada kelainan seperti infeksi dan kista dapat segera terdeteksi dan diatasi.

DONTS :

MAKANAN MENGANDUNG PRESERVATIV
Seperti makanan dan minuman yang berasal dari kaleng, termasuk diet soda yang mengandung aspartam atau pemanis buatan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan rahim.

OLAHRAGA YANG TERLALU INTENS
Karena bisa mengkacaukan siklus haid, yang idealnya antara 21-35 hari. Angka BMI (Body Mass Index) yang bagus adalah 19-25

KOPI
Karena dapat mengakibatkan konstriksi pembulu darah di rahim, yang mengakibatkan sel telur tidak dapat menempel di rahim

SEAFOOD
Terutama sajian yang mengandung merkuri tinggi, seperti kerang. Apabila penggemar seafood sebaiknya pilih tempat yang memang terjamin bersih.

RAW FOOD
Hindari makanan yang disajikan mentah, seperti steak, shusi, sashimi. Apabila menginginkan sate, pastikan daging yang disajikan matang secara menyeluruh. Salah satu dampak memakan daging yang masih mentah adalah penyakit toxoplasmosis, yang dapat mengakibatkan katarak dan pengapuran pada otak bayi.

Sumber : COSMOPOLITAN april 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar