Jumat, 12 April 2013

PENYEBAB MATA BINTITAN

APA SIH MATA BINTITAN ITU ?
Penyakit ini biasanya berbentuk seperti benjolan kecil yang tumbuh disekitar mata, istilah kedokterannya HORDEOLUM. Mata bintitan disebabkan oleh infeksi yang ada di kelenjar minyak di kelopak mata, penyakit ini tidak menular dan bukan penyakit yang berbahaya.

Gejala bintitan, sebelum membesar biasanya mata yang terkena penyakit ini memerah dan terasa gatal, rasa nyeri juga muncul kalau sudah muncul bintitannya. Benjolan kecil biasanya muncul di bagian kelopak mata. Apabila sudah semakin parah bisa tumbuh di sekitar seputar mata, bila diperhatikan ada titik putih kekuning kuningan di tengah benjolan, hampir sama dengan bisul atau jerawat yang bisa pecah dan biasanya mengeluarkan nanah.

Apa yang harus dilakukan?

Tidak perlu panik, mata bintitan dapat disembuhakn dengan mengkompres mata dengan handuk yang dicelupkan di air hangat selama 10 menit. Lakukan konpres ini setiap hari agar bintitan dapat segera hilang, jangan memencet titik kecil di benjolan bintitan karena apabila terjadi luka dapat mengakibatkan infeksi. Selain itu nanah yang dikeluarkan dengan paksa bisa menyebar ke kulit lain. Apabila dalam seminggu bintitan tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis mata.

BAWANG PUTIH DAPAT MENYEMBUHKAN BINTITAN
Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak , ternyata bawang putih juga berfungsi penyembuh bintitan. Caranya, pecahkan satu siung bawang putih (jangan diiris), lalu oleskan pada mata yang terkena bintitan, memang sedikit perih tapi obat ini manjur sekali, sebaiknya jangan digunakan untuk anak anak, karena anak anak belum tahan dengan rasa perih yang ditimbulkan oleh kompresan bawang putih.

TIPS MENCEGAH MATA BINTITAN
Mata bintitan memang bisa disembuhkan, tetapi alangkah baiknya mencegah penyakit ini, berikut tips-tips dibawah ini :
Selalu mencuci tangan sebelum memegang mata
Jangan terlalu mengucek mata berlebihan tanpa sebab, karena dapat melukai kelopak mata dan dapat menimbulkan luka dan terinfeksi sehingga muncul bintitan
Selalu bersihakan kelopak mata, untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel
Apabila terkena iritasi segera beri obat tetes mata steril

sumber artikel   : Olga edisi 68 / III
sumber gambar : http://salamlingkungan.blogspot.com/2012/02/bintitan-bukan-gara-gara-hobi-mengintip.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar